Kabupaten Temanggung

Temanggung merupakan kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Sebagian besar wilayah kota ini berupa dataran tinggi dan pegunungan. Kota ini berada pada ketinggian rata-rata 650 mdpl. Gunung Sumbing dan gunung Sindoro merupakan dua gunung “kembar” yang terletak di sebelah selatan wilayah Temanggung berbatasan dengan Wonosobo. Di sebelah utara, berbatasan dengan Kendal dan Semarang.

bakso khas temanggung

Sejarah kota yang bermoto BERSENYUM (bersih, sehat, elok, nyaman, untuk masyarakat) ini tak lepas dari sejarah kerajaan Mataram Kuno pada masa Raja Rakai Pikatan. Hal ini terbukti setelah ditemukannya prasasti Wanua Tengah III (908 M) yang ditemukan pada tahun 1983. Asal mula nama Temanggung sendiri berasal dari nama demang dan wilayah kademangan yang kemudian muncul nama “Ndemanggung” yang akhirnya berubah menjadi nama Temanggung.

Temanggung pada masa kolonial Belanda merupakan salah satu wilayah dari Kabupaten Menoreh yang berpusat di Parakan. Setelah pindah ke Temanggung, kemudian berubah nama menjadi Kabupaten Temanggung atas persetujuan Belanda yang tercatat dalam Resolusi Pemerintah Hindia Belanda Nomor 4 tanggal 10 November 1834. Tanggal 10 November sekarang diperingati sebagai hari jadi kota Temanggung.

Kota ini berada di jalan provinsi yang menghubungkan Semarang-Purwokerto. Sedangkan jalur Parakan-Weleri, menghubungkan Temanggung dengan jalur pantura. Ekonomi basis kota adalah perdagangan.

Kabupaten Temanggung mempunyai beraneka ragam hasil bumi yang memiliki keunggulan komparatif jika dibandingkan dengan hasil bumi yang sama dari daerah lainnya. Mulai dari sayuran, kopi hingga komoditas utamanya yaitu tembakau. Tembakau Temanggung yang sering disebut sebagai “lauknya” tembakau ini telah dipakai oleh beberapa produsen rokok nasional. Sebut saja PT Djarum Kudus dan PT Gudang Garam Kediri.

Kota yang pernah meraih penghargaan Adipura Kencana ini mempunyai beberapa obyek wisata yang cukup menarik. Mulai dari candi, wisata alam, monumen, maupun taman rekreasi. Candi Pringapus, Prasasti Gondosuli, Curug lawe, Curug Trocoh, Monumen Bambang Sugeng, Monumen Meteorit, dan Taman Kartini serta Pikatan Water Boom merupakan sebagian dari beberapa obyek wisata yang ada di Temanggung.

air terjun taman kolam renang

Kekayaan kuliner yang dapat dinikmati di kota ini antara lain sayur lodeh, asem-asem, keripik talas, jenang salak, bakso uleg (red : Bakso Lombok Uleg® Pak Di ™ ). Sementara untuk keseniannya yang paling terkenal adalah kobro dan jaran kepang.

Surat-Suratan Sama Pak Di

Bagi Anda yang ingin berkorespondensi dengan Pak Di, owner dari Bakso Lombok Uleg Pak Di khas Temang

Mumet Tenan

Haduh, Mas Admin rodo mumet ini  Rencananya mau upgrade system blog, jebulnya malah lupa mem-backup